Kategori
Liga Eropa

Biografi Lionel Messi dan Daftar Rekor Yang Pernah Diraih

Biografi Lionel Messi – Sepakbola adalah salah satu olahraga terpopuler di seluruh dunia, karena dianggap sebagai olahraga yang merakyat. Siapa saja bisa bermain sepakbola dan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi pemain sepakbola profesional.

Argentina menjadi salah satu negara besar dalam dunia sepakbola, karena sudah berhasil menghadirkan bintang sepakbola besar.

Jaman dulu ada nama Maradona yang dijuluki di tangan ajaib dan sekarang ada nama Lionel Messi yang menjadi ikon dari klub Barcelona.

Nah, dalam artikel ini, Operatorberita.com akan membahas biografi Lionel Messi dan sejumlah prestasi yang pernah ditorehkanya.

Biografi Lionel Messi: Masa Kecil

Lionel Messi adalah salah satu pemain bola terbaik di dunia yang lahir pada tanggal 24 Juni 1987 di Argentina dan disebut sebagai penerus dari legenda Maradona. Sekarang, Messi menjadi kapten di klub Barcelona dan tim nasional Argentina.

Sejak usia 5 tahun, Messi sudah mulai bermain sepakbola di Grandoli yang merupakan klub sepakbola kecil di Argentina. Pada tahun 1995, Messi mulai bergabung dengan Newell’s Old Boys yaitu klub sepakbola yang bermarkas di Rosario.

Newell’s Old Boys menjadikan Messi sebagai pemain lokal berkualitas yang hanya mengalami satu kekalahan dalam kurun waktu 4 tahun dan sejak saat itu, Messi dikenal sebagai Mesin 87. Lincah dan cerdik menjadi kelebihan dari sosok Messi.

Messi sempat didiagnosis kekurangan hormon pertumbuhan pada usia 11 tahun, sehingga menghambat langkah Messi untuk bergabung ke River Plate. Carles Rexach yang merupakan direktur olahraga tim Barcelona telah memantau bakat hebat Messi sejak lama dan sangat berminat datangkan Messi ke Barcelona.

Barcelona berani memberikan tawaran kontrak kepada Messi dan berani membantu pembiayaan pengobatan Messi dengan syarat Messi harus pindah ke Spanyol. Tawaran tersebut membuat Messi dan ayahnya pindah ke Barcelona dan Messi bergabung dengan akademi muda tim Barcelona.

Dari sinilah perjalanan Messi di Liga Eropa dimulai.

Rekor Sepanjang Karir

Tidak lengkap rasanya jika berbicara biografi Lionel Messi jika tidak menyebutkan prestasinya. Sepanjang sejarah Barcelona, Messi menjadi pemain bola dengan raihan gol terbanyak dan sudah banyak gelar yang berhasil diperoleh, baik gelar bersama klub atau gelar pribadi.

Pemain Dengan Gol Terbanyak di Barca

biodata lionel messi
Addesolen, CC0, via Wikimedia Commons

Menurut situs resmi Barcelona, Messi adalah pencetak gol terbanyak di Barcelona hingga saat ini. Memecahkan rekor César Rodríguez yakni 232 gol yang telah bertahan lebih dari setengah abad. Hingga September 2020 lalu, Messi setidaknya sudah memasukkan gol sebanyak 634 gol dan terus bertambah.

Peraih Ballon d’Or Terbanyak

Messi telah masuk nominasi Ballon d’Or sejak usianya menginjak 21 tahun dan pada tahun 2009, Messi untuk pertama kalinya meraih gelar Ballon d’Or.

Messi menjadi pemain keempat di dunia yang berhasil meraih gelar Ballon d`Or. Performanya yang selalu stabil bersama Barcelona membuat Messi selalu menjadi pemain yang paling ditakuti tim lawan.

Hingga saat ini, Messi adalah pemain dengan gelar Ballon d’Or terbanyak di dunia yakni sebanyak 6 gelar. Diikuti oleh Cristiano Ronaldo sebanyak 5 gelar.

Rekor Membawa Klub Juara

Messi telah berhasil membawa Barcelona sebagai juara La Liga selama 5 kali, Copa Del Rey 2 kali, Supercopa de Espana 5 kali, Liga Champions UEFA 3 kali, Piala Super Eropa 2 kali dan Piala Dunia Antar Klub sebanyak 2 kali.

Messi juga menjadi pemain yang berhasil mencatatkan rekor yang baik. Pada tahun 2012, Messi berhasil menjadi pemain pertama yang mencetak 5 gol dalam satu pertandingan di ajang Champions UEFA dan berhasil menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Champions UEFA dengan torehan 14 gol.

Rekor gol terbanyak dalam satu musim juga pernah dicatatkan Messi di musim 2011-2012 dengan torehan 73 gol dan dalam musim yang sama, Messi juga menjadi pencetak gol terbanyak di ajang La Liga Spanyol.

Pada ajang Piala Dunia FIFA U20 2005, Messi juga menjadi pemain yang mencetak 5 gol. Tak hanya itu, Messi juga pernah menjadi pemain muda terbaik dalam ajang Copa América 2007 dan berhasil membawa Argentina mendapatkan medali perak.

Demikian ulasan lengkap mengenai Biografi Lionel Messi dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembaca.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *