Kategori
Liga Indonesia

Sempat Dilarang FIFA, Ezra Walian Akhirnya Sah Gabung di Timnas Indonesia

Ezra Walian Akhirnya Sah Gabung di Timnas – Setelah mengalami sejumlah kendala, Ezra Walian akhirnya resmi bisa memperkuat Timnas Indonesia. Ezra adalah pemain Timnas Indonesia yang dinaturalisasi dari Belanda sejak tahun 2017 lalu. Namun, FIFA melarang Ezra bermain di level internasional. 

Masalahnya, Ezra yang meniti karir sepak bola dengan bergabung bersama akademi Haarlem hingga Ajax ini pernah dipanggil Timnas Belanda kelompok umur. Namanya bahkan tercatat dalam skuad Timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17.  

Ezra sendiri lahir dari pasangan beda negara. Ayahnya, Glenn Walian adalah seorang warga negara Indonesia sementara sang ibu, Linda Bosch adalah warga negara Belanda. 

Meski sudah mengucapkan sumpah setia kepada Republik Indonesia sejak tahun 2017, nama Ezra ternyata masih tercatat di daftar pemain Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB). Awalnya, KNVB tidak menghapus nama Ezra lantaran pemain berusia 23 tahun itu hanya bermain di SEA Games yang tidak masuk dalam agenda FIFA. 

Saat bermain untuk Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, KNVB mengirimkan memorandum terkait status kewarganegaraan Ezra sehingga AFC melarang Ezra untuk ikut bermain membela Timnas Indonesia. 

KNVB memberikan argumen hukum berupa statuta FIFA yang menyatakan bahwa pemain hanya boleh ganti kewarganegaraan satu kali dan tidak bermain di ajang level A negara sebelumnya. 

Ezra sendiri pernah tampil dalam Kualifikasi Piala Eropa U17 2014 yang jelas adalah ajang sepak bola di bawah naungan FIFA. 

PSSI Diminta Menyelesaikan Status Kewarganegaraan Ezra

Sebenarnya, KNVB merestui perubahan status kewarganegaraan Ezra, namun mereka diminta mengurus ke Komite Status Pemain FIFA. Pada 11 Juni lalu, PSSI kembali menegaskan status Ezra di FIFA dengan mengirimkan akta kelahiran dan sejumlah proses administrasi lainnya. 

Beruntung, FIFA merespon dengan cepat dan pada 14 Juni lalu, FIFA merestui Ezra Walian menjadi skuad Tim Nasional Indonesia. 

Kabar baik tersebut direspon positif oleh Ezra yang langsung mengumumkan status kewarganegaraannya di Instagram. 

“Hari ini adalah hari yang baik! FIFA sudah memberikan lampu hijau, asosiasi saya sudah berubah dan akhirnya boleh tampil untuk negara saya lagi,” tulis Ezra di akun Instagram @ezrawalian

Saat Ini Bermain Untuk Persib Bandung

Ezra Walian Persib Bandung

Pada Maret lalu, Ezra mengumumkan bahwa dirinya resmi bergabung dengan klub Persib Bandung dan meninggalkan PSM Makassar. Ezra bisa beradaptasi dengan cepat dan menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan mencetak tiga gol di Piala Menpora 2021. 

Ezra mengaku sangat cocok dengan pelatih Robert Rene Alberts yang menurutnya adalah pelatih yang luar biasa. 

Pada saat saya datang, pelatih Robert Alberts sangat luar biasa, dan saya berhasil bermain dengan baik di sini (Persib),” ujar Ezra Walian seperti yang dikutip dari Bolasport.com. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *