Kategori
Liga Eropa

5 Fakta Seputar Manchester United

Siapa yang tidak kenal dengan tim Liga Inggris, Manchester United. Klub berjuluk setan merah ini memiliki jutaan penggemar fanatik di seluruh dunia dan menjadi salah satu tim yang paling sukses baik di kancah sepak bola Inggris sendiri maupun Liga Eropa. 

Berbicara mengenai Manchester United, ternyata ada sejumlah fakta menarik yang jarang sekali orang ketahui. Apa saja fakta seputar Manchester United tersebut, kita simak dalam artikel ini, ya. 

Fakta Seputar Manchester United

1. Klub Liga Inggris Pertama Yang Berhasil Menjadi Juara Liga Champions

Man-United-1991-Winners

Pada musim pertandingan tahun 1967-1968, Manchester United berhasil menjuarai European Cup yang kelak berubah nama menjadi Champions League. Kemenangan ini membuat Manchester United mencatatkan dirinya dalam sejarah sepakbola sebagai klub Inggris pertama yang menjuarai Liga Champions. 

Pada musim ini, tim setan merah berhasil menaklukan perlawanan dari Benfica, klub sepakbola asal Portugal dengan skor 4-2. Pertandingan yang berlangsung dengan tambahan waktu pertandingan tersebut membuat warga Manchester akhirnya bersorak sorai di jalanan menyambut kemenangan tim idola mereka. 

Sebelum mencapai final, Manchester United berhasil menyingkirkan rival kuat Real Madrid dengan agregat 5-3. Sayangnya, rekor Manchester United “hanya’ sebatas klub Inggris pertama yang menjuarai Liga Champions, bukan terbanyak menjurai. 

Klub asal Inggris yang terbanyak menjuarai Liga Champions Eropa adalah Liverpool. 

2. Pernah Pinjam Stadion Milik Manchester City Sebagai Stadion Utama

Old_Trafford

Kota Manchester memiliki dua permata yang mengkilap, yakni Manchester United dan Manchester City. Kedua tim ini meski sama-sama membawa nama kota Manchester, terlibat dalam persaingan yang sengit. 

Derby Manchester adalah salah satu ajang paling ditunggu dalam sepakbola Inggris maupun dunia. Pasalnya, duel kedua tim ini dipastikan akan sangat seru. 

Namun, tahukah Anda jika Manchester United pernah menggunakan stadion milik Manchester City sebagai stadion utama mereka karena Old Trafford sedang tidak bisa digunakan. Kejadiannya terjadi pada 1940 ketika Inggris mendapat serangan dari Nazi Jerman. 

Letak stadion Manchester United yang berada di dekat wilayah industri membuat Old Trafford waktu itu menjadi sasaran pengeboman Nazi. Kerusakan parah pun tidak bisa dihindari jadi Manchester United meminjam stadion milik Manchester City sebagai stadion utama mereka.  Stadion Old Trafford dibangun kembali dan selesai pada Agustus 1949. 

3. Salah Satu Klub Terkaya di Dunia

Glazer

Sudah menjadi rahasia umum bila Manchester United adalah salah satu tim paling sukses. Pencapaian tersebut membuat pendapatan klub juga sangat berlimpah. Selama bertahun-tahun, Manchester United selalu masuk dalam daftar 10 klub terkaya di dunia. 

Pada tahun 2012-2013, Manchester United berhasil mencatatkan penghasilan tahunan sebesar €395.9 juta. Ini menjadikannya sebagai klub terkaya ketiga di dunia. Pada tahun 2005, Manchester United dibeli oleh Malcolm Glazer pengusaha kaya raya asal Amerika Serikat senilai £800 juta. 

Namun, banyak publik Inggris terutama pendukung Setan Merah yang tidak suka dengan Glazer sehingga kerap ditunjukkan dalam poster-poster atau baliho sepanjang pertandingan. Meski banyak yang tidak suka, MU di bawah Glazer harus diakui mengalami cukup banyak prestasi. 

4. Julukan Setan Merah Diberikan Oleh Media Prancis

fakta seputar manchester united

Fakta seputar Manchester United lainnya yang tidak kalah unik adalah soal julukannya. Menariknya, julukan setan merah justru didapatkan oleh United dari media asal Perancis yakni “Les Diables Rouges” yang bermakna “The Red Devils”. 

Julukan ini kemudian lebih disukai karena dianggap menakutkan ketimbang julukan sebelumnya yakni The Kids. Pada 1970, julukan setan merah semakin dikukuhkan oleh Manchester United dengan tampilnya setan merah memegang trisula pada logo baru mereka. 

5. Dahulu, Hijau Adalah Warna Kebesaran Manchester United

Newton Heath LYR F.C.

Fakta seputar Manchester United yang terakhir ini mungkin jarang sekali orang ketahui. Ya, hijau adalah warna kebesaran Manchester United sebelum mereka sangat khas dengan merah nya. 

Jadi, sebelum bernama Manchester United, klub ini dahulu dibentuk pada 1878 bernama Newton Heath LYR F.C. Tim ini dibentuk sebagai karya Lancashire dan Yorkshire, stasiun kereta api di Newton Heath. Waktu itu mereka mengenakan seragam hijau emas sebagai seragam kebesaran. 

Namun, sayangnya Newton Heath LYR F.C tidak bertahan lama dan menuju kebangkrutan hanya beberapa tahun setelah berdiri. Beruntung, sebelum bangkrut, tim mendapatkan investasi dari Direktur Manchester Breweries,  J. H. Davies. Dalam rapat dengan investor baru, diputuskan nama baru tim tersebut adalah Manchester United. 

Sebelum Manchester United ada usulan menggunakan nama Manchester Central dan Manchester Celtic. Bagaimana, lebih bagus Manchester United, kan? 

Itulah lima fakta menarik seputar Manchester United yang barangkali kamu belum ketahui. Di balik kejayaan tim setan merah yang terkenal di seluruh dunia, ternyata tim ini menyimpan fakta-fakta unik. Sampai jumpa dengan artikel menarik lainnya seputar sepakbola di operatorberita.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *