Kategori
Uncategorized

Sejarah Awal FIFA dan Pemimpinnya

Siapa sih yang tidak tahu olahraga sepak bola? Salah satu permainan yang sangat populer ini bukan hanya di Indonesia namun di berbagai belahan dunia. Tidak jarang kompetisi sepak bola diselenggarakan dalam bentuk yang besar bahkan dirayakan oleh semua orang. Hal ini tentu saja menunjuk pada sebuah organisasi resmi, yang membantu untuk melakukan pengaturan dan juga menyelenggarakan kompetisi secara besar seperti Piala dunia, yaitu FIFA. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai sejarah awal FIFA khususnya bagaimana organisasi ini berdiri dan pada akhirnya menjadi organisasi sepak bola terbesar di dunia.

Sejarah Awal FIFA

FIFA atau memiliki singkatan Federation Internationale de Football Association merupakan sebuah badan sepak bola internasional, yang telah di akui dunia dan termasuk diikuti oleh organisasi resmi di Indonesia yaitu PSSI. Awalnya FIFA didirikan di Perancis. Namun setelah melalui banyak persetujuan, pada akhirnya FIFA merubah markasnya di Zurich, Swiss.

FIFA melakukan tanggung jawab untuk membantu memperkenalkan pertandingan sepak bola internasional yang dilakukan secara bergengsi sejak 1904. Dikarenakan FIFA sendiri telah berdiri pada tahun 1904 di Perancis.

Selain menyelenggarakan berbagai olahraga ataupun event Elit. FIFA juga memutuskan untuk melakukan restrukturisasi pada anggota ataupun negara yang bergabung, serta mengikuti adanya aturan. Disisi lain jika terjadi kontroversi ataupun masalah olahraga sepak bola masing masing negara. Maka kita bisa memberikan surat peringatan ataupun sanksi jika tidak sesuai.

Sepak Bola Sejak Abad 20

Sepak bola sebenarnya sudah ada sejak abad ke 19. Menurut sejarah, ada informasi yang mengatakan bahwa olahraga sepak bola dirilis oleh masyarakat di jaman Romawi kuno. Namun disisi lain ada juga yang mengatakan, bahwa olahraga sepak bola telah dilakukan oleh masyarakat Tionghoa, yakni sejak Dinasti Tsin.

Namun olahraga ini sudah masuk ke dalam sistem warga modern di tahun 1800an. Dan organisasi seperti FIFA muncul di tahun 1904. Federation International de Football Association yang diambil dari bahasa Prancis. Bukan tanpa alasan, karena pertama kali FIFA berdiri di Perancis sehingga mereka memutuskan untuk menggunakan bahasa Perancis dalam nama asosiasinya.

Pada awal masa pembentukan, anggota FIFA hanya terdiri dari beberapa Negara di Eropa saja, misalnya Prancis yang diwakili oleh Robert Guerin, negara Belgia menunjuk Louis Muehlinghaus dan Max Kahn sebagai perwakilan, Spanyol mendelegasikan Andre Espir, Victor E Schneider dari Swiss, namun ada juga beberapa negara seperti Denmark, Jerman , Belanda, dan Swedia.

Sepakbola internasional telah dimainkan sejak 1800an. Inggris berhadapan dengan Skotlandia, sebelum abad 20 sepak bola memang hanya populer di area negara Inggris, seperti Skotlandia, Wales, Irlandia utara. Namun memasuki abad 20 tahun 1900an, sepak bola mulai dibawa ke berbagai negara di sekitarnya dan akhirnya populer secara global. Hal ini mendorong terbentuknya FIFA di tahun 1904, tepatnya pada 21 Mei.

Tujuan Utama FIFA Berdiri

Mungkin sebenarnya banyak yang bertanya bagaimana sih FIFA terbentuk dan apa tujuan utamanya? Karena pada saat itu organisasi hanya diikuti oleh beberapa negara, tujuan FIFA yakni membantu sepak bola untuk bisa dipromosikan dan juga dipopulerkan di seluruh dunia. Selain itu ada juga perlindungan oleh FIFA dan juga aturan yang resmi serta disetujui oleh seluruh dunia. Sehingga tidak menyebabkan adanya permainan yang berbeda serta regulasi yang beragam.

Selain itu, tujuan dari adanya FIFA didirikan dengan tujuan memiliki nilai perdamaian ke manusia. Ada juga tujuan untuk membentuk generasi muda agar bisa menjunjung tinggi nilai sportivitas olahraga. Sepak bola bukan hanya sebuah olahraga yang bisa ditonton dengan seru, tetapi olahraga sepak bola juga mengajarkan berbagai hal, termasuk salah satunya bagaimana semangat dalam mencapai kesuksesan serta sportifitas yang dilakukan selama permainan.

Dilarangnya Sepak Bola di Inggris

Adanya permainan sepakbola sejak lama sebenarnya memberikan masalah khususnya di Inggris. Karena tidak adanya peraturan yang jelas, olahraga sepak bola seringkali diwarnai dengan unsur kekerasan. Sehingga Ratu Elizabet II mengecam siapapun yang menyelenggarakan permainan serta memastikan bahwa sepak bola tidak dimainkan di tengah masyarakat.

Namun, dengan adanya FIFA, menjadi lebih tertib dan lebih teratur. Dengan adanya aturan dari FIFA menjadikan sepak bola sebagai olahraga yang berbeda. Setelah sebelumnya, olahraga ini sering menimbulkan korban setiap adanya pertandingan.

Gabungnya 200 Negara

Sekarang ini FIFA telah memiliki anggota lebih dari 200 negara dan adanya 6 konfederasi yang berbeda. Walaupun sempat terancam bubuar karena adanya perang dunia di tahun 1900an. Nyatanya FIFA mampu bertahan berkat jasa presiden FIFA yaitu Dutchman Carl Hirschmann. FIFA pun berkembang kian luas.

Piala dunia bisa saja bubar akibat adanya perang dunia. Namun yang terjadi, sepak bola pula semakin populer dan bahkan diselenggarakan hajatan besar Piala Dunia setiap empat tahun sekali. Untuk membantu menyelenggarakan olahraga sepak bola FIFA bagi semua masyarakat termasuk seluruh dunia. Presiden FIFA pada saat itu Jules Rumet, memutuskan untuk menyelenggarakan Piala dunia yang telah berjalan sejak 1930. Namun Piala Dunia wanita hanya diselenggarakan baru baru ini yaitu pada tahun 1991.

Kepemimpinan FIFA

FIFA sendiri memiliki beberapa kepemimpinan yang berganti setiap beberapa tahun. Berikut ini beberapa informasinya. :

• Roberta Guerin merupakan presiden pertama yang berasal dari Perancis dan menjabat tahun 1904 hingga 1906
• Daniel Burley Woolfall berasal dari Inggris, dan mengambil alih di tahun 1906 hingga 1918.
• Jules Rimet berasal dari Perancis, dan mengambil alih jabatan di tahun 1921 hingga 1954. Jules Rimet berhasil mendapatkan gelar kehormatan karena berhasil membawa FIFA, dan dinominasikan pada tanggal 21 Juni 1954.
• Rodolphe Seeldrayers berasal dari Belgia, jabatannya dimulai tahun tahun 1954 hingga 1955.
• Arthur Drewry dari Inggris, menjabat di tahun 1955 hingga 1961.
• Sir Stanley Rous dari Inggris, serta menjabat tahun 1961 hingga 1974. Sama seperti Jules Rimet, Sir Stanley Rous di nominasikan sebagai presiden dengan Gelar Kehormatan di tanggal 11 Juni 1974.
• Jo ão Havelange dari Brasil, mulai menjabat tahun 1974 hingga 1998. Jo ão Havelange dan mendapatkan gelar kehormatan 8 Juni 1998.
• Sepp Blatter berasal dari Swiss, menjabat 1998 hingga 2015. Sepp Blatter dihentikan tidak hormat karena kasus di tahun 2015.
• Gianni Infantino yang berasal dari Swiss namun memiliki keturunan Italia, menjabat menggantikan Sepp Blatter di tahun 2016 hingga sekarang ini.

Itulah deretan informasi tentang sejarah awal FIFA dan pemimpinnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *