Kategori
Uncategorized

5 Rekor Gol Sepak Bola yang sulit dipecahkan

Ada hal menarik yang bisa kita ikuti dalam menonton sepak bola, yaitu Rekor. Memecahkan suatu rekor menjadi motivasi tersendiri bagi pemain sepak bola. Kami mencoba merangkum 5 rekor gol sepak bola yang sulit dipecahkan.

  1. Rekor Gol yang Dicetak Penjaga Gawang
rekor gol penjaga gawang

Rekor Gol yang dicetak penjaga gawang, saat ini dipegang oleh Rogerio Ceni. Kiper asal brasil ini membela Sao Paulo FC lebih dari dua dekade. 14 gelar utama sudah dia raih bersama Sao Paulo FC. Ceni juga pernah masuk tim nasional brasil di ajang Piala Dunia 2002 dan 2006.

Menariknya, dia tercatat mencetak 131 gol dalam 1.227 pertandingan resmi bersama Sao Paulo FC. Semua gol lahir dari pinalty dan free kick. Tentunya rekor ini sangat mustahil dipecahkan bukan? Dengan posisi keduanya saja terpaut cukup jauh. Yang saat ini dipegang oleh Kiper asal Paraguay, Jose Luis Chilavert sebanyak 67 gol.

  1. Rekor Gol Terbanyak dalam 1 Musim
rekor gol 1 musim

Untuk Rekor gol terbanyak dalam 1 musim, tentu saja dipegang oleh superstar Lionel Messi. Pada musim 2011/2012 Lionel Messi berhasil membukukan 79 gol bersama Barcelona, dan 12 gol bersama tim nasional Argentina. Menjadikan dia sebagai pemegang rekor gol terbanyak dalam 1 musim, sebanyak total 91 gol.

Dibawah Lionel Messi, ada Gerd Muller dengan 85 gol, dan Pele dengan 75 gol.

  1. Rekor Jumlah Gol di Piala Dunia
rekor gol terbanyak

Sudah lebih dari 60 tahun, rekor jumlah gol di Piala Dunia belum juga dipecahkan. Just Louis Fontaine yang merupakan striker asal Prancis berhasil mencetak 13 gol dalam satu edisi Piala Dunia. Tepatnya Piala Dunia 1958 di Swedia. Saat itu Prancis berada 1 grup dengan Yugoslavia, Paraguay, dan Skotlandia. Fontaine mencetak 6 gol di fase grup. 2 gol di perempat final melawan Irlandia Utara. 1 gol di semi final saat kalah dari brasil 2-5. Dan terakhir di laga perebutan posisi ketiga, Fontaine mencetak 4 gol.

Malangnya, Fontaine hanya berkesempatan satu kali membela Prancis di Piala Dunia. Cedera parah memaksa Fontaine untuk pensiun di umur 28 tahun.

Tentu rekor ini sangat sulit untuk dilampaui, karena sepak bola saat ini menjadi semakin taktis. Terbukti di 4 edisi Piala Dunia terbaru, jumlah gol terbanyak hanya di kisaran 5-6 gol.

  1. Rekor Hattrick Terbanyak
rekor hattrick

Rekor Hattrick terbanyak dipegang oleh Edson Arantes do Nascimento, alias Pele. Legenda asal brasil ini sudah mengoleksi 92 hattrick sepanjang karirnya. Di Klub Senior, Pele pernah membela klub Santos dan New York Cosmos.
Insting striker seorang Pele tidak perlu diragukan lagi. Terbukti ia menjadi pahlawan Brasil dalam menjuarai 3 seri Piala Dunia tahun 1958, 1962, dan 1970. Tak heran FIFA menobatkan Pele sebagai pemain sepak bola terbaik pada abad ke-20.

  1. Rekor Gol dengan Jarak Terjauh
gol terjauh

Rekor unik yang terakhir adalah, Gol dengan jarak terjauh. Uniknya lagi, gol ini dicetak oleh penjaga gawang. Di tahun 2014, Asmir Begovic mencatatkan namanya di Guiness World Record, saat tendangannya menghasilkan gol dari jarak 91,9 meter. Tepatnya saat Stoke City melawan Southampton di pertandingan Liga Inggris. Tendangan yang dilakukan Asmir Begovic memantul dan tidak mampu dihalau oleh Artur Boruc, kiper Southampton karena berada di posisi yang salah.

Selain menjadi gol terjauh, gol tersebut juga termasuk dalam gol tercepat karena tercipta di detik ke 13. Gol ini juga menjadikan Asmir Begovic salah satu dari lima kiper EPL yang berhasil mencetak gol. Kiper lainnya yaitu Peter Schmeichel, Brad Friedel, Paul Robinson, dan Tim Howard.

Demikian 5 Rekor Gol Sepak Bola yang sulit dipecahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *