Kategori
Uncategorized

5 Stadion Sepak Bola Termegah di Dunia

Dapat menikmati pengalaman menonton pertandingan sepak bola secara langsung di stadion adalah salah satu impian para pecinta sepak bola. Sebagai olahraga paling populer di dunia, tidak mengherankan, stadion sepak bola sering terisi penuh saat ada pertandingan yang digelar. Kehadiran dukungan fans dapat meningkatkan semangat untuk para pemain di lapangan. Belum lagi jika stadion di mana pertandingan berlangsung memiliki sejarah, kapasitas dan fasilitas yang memadai untuk menggelar sebuah laga pertandingan sepak bola. Berikut ini daftar 5 stadion sepak bola termegah di dunia. Dinilai dari sejarah, atmosfer suporter, serta fasilitas dan kapasitas stadion masing-masing.

  1. Wembley Stadium (Inggris)
stadion wembley

Stadion Wembley dibangun pada tahun 1923, lebih dari 80 tahun menjadi kandang tim nasional sepak bola Inggris. Berlokasi di Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris. Stadion ini dipugar kembali dan diresmikan pada tahun 2007. Asosiasi sepak bola Inggris, FA melakukan investasi yang sangat besar dalam proses pemugaran stadion Wembley. Pemugaran stadion Wembley menelan biaya 798 juta Poundsterling.

Namun semua kini terbayarkan, Wembley saat ini menjadi kebanggan publik Inggris. Stadion yang memiliki kapasitas 90.000 orang ini pun menjadi landmark kota London. Dengan ciri khas ARCH atau lengkungan baja yang mengitari stadion mencapai 317 m.

Setelah pemugaran, stadion Wembley sudah menggelar 2 laga besar edisi Final Liga Champions 2011 dan 2013. Dan juga menjadi tuan rumah Final Olimpiade 2012.

  1. Santiago Bernabeu (Spanyol)
stadion santiago bernabeu

Santiago Bernabeu Yeste merupakan orang yang paling penting dalam berdirinya klub Real Madrid. Mengawali karir sebagai pemain, Santiago juga pernah menjadi direktur teknik, asisten pelatih, pelatih, sampai menjadi presiden klub.

Saat itu stadion yang bernama The Nuevo Estadio Chamartin, di renovasi besar-besaran. Lalu berganti nama menjadi Santiago Bernabeu pada tahun 1955, tak lepas dari sosok Santiago yang sudah sangat berjasa untuk Real Madrid.

Santiago Bernabeu terletak di kota Madrid, Spanyol. Stadion ini merupakan markas tim Los Blancos, Real Madrid. Stadion ini mempunyai ciri khas, sruktur bangunan seperti kubus yang melengkung. Dengan tribun tinggi bertingkat didalamnya. Memiliki kapasitas 85.000 kursi. Stadion ini pernah menjadi saksi kemenangan tim nasional Italia di ajang Final Piala Dunia 1982.

  1. Camp Nou (Spanyol)

Camp Nou merupakan bahasa katalan yang artinya “lapangan baru”. Merupakan markas dari FC Barcelona. Dibuka tahun 1957, stadion ini mempunyai kapasitas 98.772 kursi.

Terdapat museum memorabilia Barcelona di tribun tingkat 2 stadion ini. Cukup membayar 25 euro, Anda bisa melihat berbagai benda bersejarah dan trofi yang sudah dimenangkan FC Barcelona.

Stadion ini menggelar laga akbar pertamanya pada tahun 1972, yaitu final Piala Winner antara Glasgow Rangers vs Dynamo Moskow. Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah Final Liga Champions UEFA 1999. Selama 1998-1999, UEFA memberikan Camp Nou status bintang lima untuk layanan dan fungsi stadion.

  1. Old Trafford (Inggris)

Old Trafford merupakan markas klub Manchester United sejak tahun 1910. Berlokasi di Sir Matt Busby Way, Old Trafford, Greater Manchester, Inggris. Stadion ini juga mempunyai julukan “The Theatre of Dreams”. Dengan kapasitas 75.635 kursi, Old Trafford menjadi stadion terbesar kedua di Inggris setelah Wembley Stadium. Old Trafford dirancang oleh arsitek Skotlandia, menelan biaya sekitar 90.000 Poundsterling. Anda bisa menemukan Red Café, Mega Store, dan juga museum di stadion ini.

Old Trafford pernah menyelenggarakan semifinal Piala FA, pertandingan piala dunia 1966, piala eropa 1996, dan juga Final Liga Champions UEFA 2003.

  1. San Siro / Giuseppe Meazza (Italia)

Stadion San Siro dikenal juga dengan nama Stadion Giuseppe Meazza. Berlokasi di kota Milan, Italia. Stadion berkapasitas 80.000 kursi ini merupakan kandang dari dua tim elite Liga Italia, yakni AC Milan dan Internazionale Milan.

Dibangun pada Agustus 1925, dan selesai pada September 1926. Menelan biaya 5 juta lira. Pada awalnya stadion ini merupakan kandang klub AC Milan, seiring berjalannya waktu, pada tahun 1947 Inter Milan juga menggunakan stadion ini sebagai kandang timnya.

Dengan kemegahan dan status sebagai salah satu stadion legendaris di Eropa, tak heran stadion ini menjadi salah satu objek wisata populer wisatawan yang datang ke Milan.

Demikian deretan 5 stadion sepak bola termegah pilihan Operatorberita.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *