Kategori
Uncategorized

Sejarah Olahraga Sepak Bola Dunia dan Indonesia

Olahraga sepak bola merupakan jenis olahraga yang paling banyak digemari di seluruh dunia. Pertandingan sepak bola di mainkan oleh seluruh negara, termasuk di Indonesia. Banyak orang yang mengatakan bahwa sepak bola bisa dikatakan sebagai jiwanya olahraga. Kita bisa bayangkan bagaimana penuhnya stadion di beberapa negara. Apabila pertandingan olahraga sepak bola sedang di selenggarakan. Bukan hanya itu, tidak jarang siaran langsung pertandingan sepak bola seringkali mengisi stasiun televisi. Bukan hanya di Indonesia namun di berbagai stasiun televisi di dunia. Yuk simak sejarah olahraga sepak bola di artikel berikut ini.

Sejarah Olahraga Sepak Bola Dunia

Berbicara mengenai olahraga sepak bola sebenarnya bagaimana sih, sejarah sepak bola pada awalnya? Lantas bagaimana bisa masuk Indonesia, dan pada akhirnya digemari serta dimainkan oleh banyak anak muda di Indonesia.

Sejarah Olahraga Sepak Bola Kuno

Permainan sepak bola sebenarnya sudah dimainkan di beberapa negara sebelumnya. Sejarah umumnya kita akan membahas mengenai permainan sepak bola yang pertama kali didirikan oleh FIFA. Tapi faktanya ternyata adalah sepak bola kuno yang dimainkan sejak jaman dahulu.

Sepak bola dikenal saat Peradaban kuno Romawi, Yunani kuno, dan juga Cina, pada masa Dinasti Tsin di tahun 26 SM atau 9255. Sejarah sepak bola ini telah ditelusuri dan berasal dari negara Cina khususnya Dinasti Han, sehingga masyarakat Tionghoa merupakan salah satu cikal dari terbentuknya permainan sepak bola.

Bagi kamu yang dulu bermain dengan sederhana, hanya menggunakan sepak bola yang digunakan dengan bahan bola kulit dan juga gawang. Maka seperti itulah sepak bola kuno pada awalnya. Sehingga untuk memasukkan bola ke gawang cukup sulit. Karena memanfaatkan bola kecil kulit dan juga gawang yang berjaring kecil saja.

Di lain sisi, ada juga sejarah menyatakan bahwa sepak bola sebenarnya berasal dari Romawi kuno yang dikenal dengan nama permainan erpykirose. Tetapi sampai saat ini belum ada bukti dari penelitian menyatakan, apakah sepak bola sebenarnya di mainkan oleh masyarakat Tionghoa yang lebih dahulu atau Romawi kuno.

Sepak Bola dan Asosiasinya

Berdasarkan sejarah sepak bola modern ataupun bagaimana sepak bola pertama kali di mainkan. Muncul dari Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) . Sejarah sepak bola modern sebenarnya, awal sepak bola modern ditandai dengan adanya organisasi Perkumpulan sepak bola yang dibuka di London, Inggris dan bukan FIFA.

Pertemuan ini menetapkan beberapa aturan sehingga menjadikan beberapa area di sekitar Inggris, berusaha untuk bertanding ataupun bermain bersama Sepak Bola Wales, Sepak Bola Skotlandia dan juga Irlandia, menjadi Tim pertama yang diasosiasikan oleh organisasi resmi ini. Bernama, internasional football Asociation board atau IFAB sebagai sebuah asosiasi yang menjadi Perkumpulan sepak bola dunia yang lebih besar pertama dan terbesar.

Karena permainan sepak bola semakin menarik, akhirnya banyak sekali masyarakat yang bercita-cita untuk bisa bermain bola dengan handal atau bahkan dijadikan sebagai kompetisi besar. Akhirnya muncul organisasi FIFA didirikan di Perancis pada tahun 1904. Sehingga semenjak pada tahun tersebut cukup banyak minat masyarakat tentang permainan sepak bola bahkan masuk ke wilayah Indonesia.

Sejarah sepak bola modern berdasarkan tahun :

• Tahun 1863 terbentuk asosiasi sepak bola Inggris kecil
• Tahun 1885 ada pertandingan sepak bola diluar wilayah Inggris, pertandingan antara Kanada melawan Amerika
• 1886 diadakan rapat pertemuan untuk pertama kali yang membahas tentang pembentukan kelompok yaitu asosiasi sepak bola dunia
• Pada tahun 1888 diperkenalkan wasit yang menjadi pemegang penuh permainan sepak bola
• Pada tahun 1904, berdiri Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) di Prancis yang beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia, Prancis.

Sepak Bola di Indonesia

Lalu bagaimana sih sepak bola bisa masuk ke Indonesia? Kita pasti bisa bilang bahwa banyak sekali kebudayaan serta olahraga dari luar negeri yang masuk Indonesia, akibat dibawa oleh penjajah. Namun tidak dengan sepak bola. Walaupun ada banyak budaya dan kebiasaan penjajah yang masuk, dan memberikan banyak sekali pengaruh.

Namun, permainan sepak bola berkembang termasuk ketika penjajah membawa olahraga ini ke Indonesia. Puncak populernya, saat sepak bola dikenalkan oleh negara Cina untuk menunjukkan superioritas mereka di Indonesia. hal ini dibuktikan dengan terbentuknya Perkumpulan dengan nama UMS di Jakarta dan mengalami kemajuan pesat pada olahraga sepak bola.

Akhirnya, di tahun 1930 pemerintah memutuskan untuk mendirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau disingkat sebagai PSSI di Jogjakarta pada 19 April 1930. peristiwa ini berlangsung sebelum Indonesia memutuskan untuk mengikuti Piala dunia pada tahun 1938. Siapa sih yang berhasil mendirikan PSSI pertama kali? Seorang insinyur yang tertarik di bidang olahraga yakni Soeratin Sosrosugondo. Perkembangan PSSI bisa menjadi lebih baik karena adanya tokoh yang membentuk PSSI pertama kali di tahun 1930 ini.

Setelah adanya piala dunia dan asoisasi, sepak bola semakin berkembang dan pada akhirnya Indonesia terbentuk Liga Super Indonesia, yang diisi oleh beberapa Perkumpulan sepak bola kota yang melakukan pertandingan. Bukan hanya perlombaan, sepak bola PSSI juga membentuk berbagai kejuaraan dengan kategori gender mulai dari kompetisi wanita, berdasarkan usia misalnya U-15, U-17, U-19, U-21 dan U- 23. Serta beberapa klub sepak Bola resmi yang muncul berdasarkan kota ataupun tempat tinggal.

Aturan yang Berbeda antar Asosiasi

Sebenarnya ada cukup banyak beberapa organisasi ataupun asosiasi yang membawahi sepak bola secara keseluruhan. Mulai dari UEFA yang khusus digunakan untuk Eropa, dan juga FIFA yang digunakan untuk acuan seluruh dunia.

Dalam olahraga sepak bola, asosiasi yang berbeda mempengaruhi peraturan yang ada di dalamnya. Karena pada awalnya peraturan yang diresmikan oleh IFAB, sebagai asosiasi pertama di dunia. Aturan yang berlaku yakni membuat sebuah lapangan berukuran 100 hingga 110 m dengan lebar 64 hingga 75 m.

Selain itu di ujung lapangan ya terdapat sebuah gawang besar, di mana jarak pinalti nya sejauh 16,5 m dari gawang. Peraturan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan peraturan olahraga sepak bola sekarang ini. Tetapi dalam perjalanannya sempat mengalami perbedaan.

Aturan yang dibuat oleh FIFA ,pergantian pemain hanya bisa dilakukan sebanyak 3x sedangkan untuk pertandingan nasional di Indonesia pergantian pemain diperbolehkan sebanyak 7x, tergantung dari kondisi dan juga izin dari wasit.

Karena adanya perbedaan asosiasi, maka adanya juga perbedaan teknis kecil lainnya. Tetapi tidak mengubah cara bermain secara keseluruhan. Indonesia sendiri mengacu pada FIFA sebagai organisasi resmi yang dapat memberikan sanksi ataupun teguran. Apabila PSSI sebagai organisasi resmi di Indonesia melakukan kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *